Seven Deadly Obstacles in Relationship

Updated: Dec 4, 2019



"Ampun deh, gw bingung nih sama dia. Kok sekarang dia jadi kaya gitu ya?" keluh salah seorang teman ke saya diwaktu makan siang. "Memangnya apa yang berubah dan sejak kapan perubahan itu terjadi?" tanyaku kepada dia sambil berusaha memahami apa yang sebenarnya terjadi diantara mereka. Sambil mengambil minumannya, dia menjawab "hmmmm... agak bingung juga ya sejak kapan dia berubah, tapi memang dia beda banget sama dia yang dulu." "Jadi dia yang dulu dengan yang sekarang berbeda ya?" jawab saya."Betul banget dan jadinya kan gw sedih ya." 


Mungkin pertanyaan - pertanyaan tersebut kerapkali kita dengar dari teman atau kenalan kita. Bahkan, mungkin kita sendiri yang mengalami kejadian seperti itu. Bila iya, hal ini dapat terjadi karena kita sedang berada dalam NOSTALGIA. Menurut KBBI, nostalgia/nos·tal·gia/ adalah 1. Kerinduan (kadang-kadang berlebihan) pada sesuatu yang sangat jauh letaknya atau yang sudah tidak ada sekarang; 2. Kenangan manis pada masa yang telah lama silam.


Lalu, apa yang menyebabkan nostalgia itu muncul? dalam pendekatan Logosynthesis, kondisi tersebut dapat muncul karena keinginan untuk memunculkan kembali keadaan yang menyenangkan seperti masa lalu. Ingatan akan betapa menyenangkannya dia yang dulu membuat kita berharap dia tetap seperti yang dulu. Namun, hal yang dilupakan adalah manusia itu selalu berubah dari waktu ke waktu. Perubahan adalah hal yang pasti dan wajar. Nostalgia tersebut akan berdampak kepada perasaan sedih. Sedih karena perubahan yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Diharapkan oleh siapa? oleh kita sendiri, tentunya.


Jadi apa yang dapat dilakukan apabila mengatasi kondisi tersebut? Apabila kondisi tersebut muncul tentunya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan berupaya menemukan makna dari perubahan tersebut dan mengikuti seminar online mengenai Seven Deadly Obstacles in Relationship (yuk daftar ke Wina di 08999885759, atau klik disini) dapat membantu lebih memahami dan menyelesaikan masalah yang terjadi. Pada saat sudah menemukan makna dari perubahan tersebut, diharapkan kondisi tersebut dapat perlahan teratasi.


"Hmmmmm jadi itu karena nostalgia gw ya sama dia yang buat gw menjadi sedih. Dipikir kalau nostalgia itu pasti menyenangkan dan yang baik" jawab temanku itu sambil meneguk minuman hangat yang sedari tadi dipegangnya.    



Morphosa

  • morphosa
  • LinkedIn Social Icon
  • c-facebook
  • Twitter Classic