Meaning & Value


Meaning & Value

Saya yakin Anda semua pernah merasakan hal ini, atau minimal mendengar teman berkata "Aduh.... kok hati hati jadi berderbar-debar saat mendengar nama dia disebut ya?" atau mungkin juga melihat orang tersenyum sendiri saat melihat sebuah tulisan. Ya, apapun yang mereka lakukan ataupun kita rasakan sendiri, merupakan akibat dari pemberian meaning (makna) terhadap sesuatu. Pemberian makna tersebut pada akhirnya akan menghasilkan satu tindakan, apapun tindakan tersebut, dapat baik maupun buruk. Selain memaknai satu hal yang kita lihat, dengar ataupun rasakan, kita akan berperilaku tertentu juga berdasarkan nilai - nilai yang kita anut dan yakini.

Victor Frankl seorang Psikolog dari Austria mengatakan "antara stimulus (kejadian) dan respon terdapat sebuah "ruang". Ruang inilah terletak kekuatan kita untuk memilih dan hasil pilihan tersebut berdampak pada kebebasan dan pertumbuhan diri"

Benar, apabila kita mengacu pada pemikiran Frankl tersebut, maka setiap tindakan yang kita lakukan sebenarnya merupakan pilihan kita sendiri. Bahagia, sukses, kecewa, sedih, marah bahkan sampai mengalami gangguan mental merupakan hasil dari pilihan yang kita buat sendiri. Namun, terkadang kita tidak kuasa dalam memilih karena pilihan dibuat dengan cepat dan tiba-tiba, termasuk juga pilihan untuk sukses ataupun gagal. Sukses ataupun gagal adalah hasil dari sesuatu yang ingin kita tuju, kan. Namun sayangnya dalam proses menuju ke tujuan yang telah kita rancang, tidak semudah apa yang kita rencanakan.

Untuk itu, berdasarkan penelitian - penelitian yang ada dan proses pembelajaran, bertemu dengan bermacam-macam klien, maka saya Sandi Kartasasmita, M.Psi., Psikoterapis,., Psikolog., CBA., CMHA membuat satu set kartu meaning & value (24 pcs) yang dapat dipakai sebagai media untuk mempermudah diri kita sendiri, atau saat kita sedang melakukan coaching maupun konseling menemukan makna dan nilai dari dalam diri sehingga tujuan yang telah dirancang dapat dicapai dengan sempurna. Kartu meaning & value ini dibuat dari bahan artcarto 310 gram dan di UV vernis 2 muka agar lebih kuat dan tidak mudah robek saat dipakai serta dimasukan ke dalam box set yang juga dibuat khusus agar kartu lebih tahan lama dalam proses penyimpanan. Ukuran kartu meaning & value yang berdimensi 13 cm tentunya akan mempermudah kita maupun klien untuk digenggam dan dipakai saat konseling maupun coaching


0 views

Morphosa

  • morphosa
  • LinkedIn Social Icon
  • c-facebook
  • Twitter Classic