Belajar DARING (ONLINE)


Apakah Anda pernah punya pengalaman seperti ini?

"Ampun deh, macetnya kaga tahan... jarak ke lokasi memang dekat tapi jalan dekat seperti itu saja, untuk sampai lamanya minta ampun" atau "Mau ikut, tapi, lokasinya itu loh. kalau musti terbang ke sana, ongkos pesawat lebih mahal daripada acaranya, belum lagi menginap, makan dan meninggalkan keluarga"

Dua hal di atas merupakan ungkapan - ungkapan yang biasa terlontar saat seseorang ingin mengikuti suatu proses pembelajaran. Baik itu seminar maupun workshop. Untungnya saat ini kita hidup di era teknologi. Era yang memudahkan manusia untuk dapat melakukan berbagai hal dengan bantuan tekmnologi, sehingga, keluhan - keluhan seperti di atas tidak perlu lagi terjadi pada kita semua.

Bahkan dunia pendidikan tinggi pun sudah mulai berbenah untuk dapat melakukan kuliah online seperti yang dikemukakan oleh Menristekdikti, bapak Mohammad Nasir mengenai kuliah online. Oleh karena itu, ketertinggalan informasi atau tidak mendapatkan pengetahuan mengenai suatu hal karena alasan lokasi (jarak) maupun kemacetan bukan lagi menjadi penghambat.

Sebenarnya ada beberapa jenis pembelajaran online. Seperti belajar online melalui grup WA, Telegram, dll. Selain itu, ada pula jenis belajar online yang memang tetap tatap muka dengan aplikasi tertentu, seperti yang saya gunakan, yaitu zoom. Oleh karena itu, pemahaman mengenai suatu materi tetap akan didapatkan secara komprehensif. Seperti testimoni di bawah ini

Selain itu, bila ingin mengetahui seperti apa model kelas online dapat melihat contoh di bawah ini

atau model pembelajaran yang saya lakukan

Jadi kalau menonton 2 cuplikan pembelajaran online diatas terlihat bahwa sebenarnya pembelajaran online yang dilakukan memiliki prinsip yang sama kan dengan pembelajaran offline. Namun, untuk yang ingin belajar online, dibutuhkan penyediaan waktu yang sesuai karena waktu kegiatan sudah dirancang sedemikian rupa dan tidak dapt menunggu bagai yang terlambat online.

Adapun pembelajaran online ini sudah berkembang dengan pesat di berbagai negara maju dan di Indonesia pun sudah mulai banyak yang memberikan pembelajaran online tersebut. Seperti kelas Training For Trainer Online yang akan diselenggarakan pada tanggal 2, 4, dan 6 Juli 2018 mendatang.

Sekarang tinggal kita yang memilih, apakah mau belajar secara offline atau online dan semuanya benar, tergantung kebutuhan, ketersediaan waktu dan juga biaya (umumnya kelas online jauh lebih murah daripada offline)

Jakarta, 23 Mei 2018


0 views

Morphosa

  • morphosa
  • LinkedIn Social Icon
  • c-facebook
  • Twitter Classic