NLP adalah Seni Kehidupan


"NLP merupakan satu pendekatan yang dapat dipakai untuk memahami apa yang menyebabkan satu perilaku itu dapat terlihat, terdengar maupun dirasakan oleh oranglain."

Sebenarnya apa itu NLP atau Neuro Linguistic Programming sehingga dapat membuat kita dapat memahami perilaku seseorang, bahkan perilaku diri kita sendiri? NLP merupakan satu ilmu yang dikemukakan oleh Richard Bandler dan John Grinder pada tahun 1970 an. Awalnya mereka memodel 3 tokoh psikologi terkemuka saat itu yaitu Fritz Perls (Pencipta terapi Gestalt) , Virgina Satir (Penemu Terapi keluarga) serta Dr. Milton H Erickson (Bapak Hipnoterapi modern).

NLP memelajari bagaimana otak manusia (Neuro), cara komunikasi (Linguistic) dan bagaimana memprogram itu semua menjadi perilaku (Programming). Oleh karena itu NLP merupakan ilmu yang mempelajari struktur perilaku manusia, mempelajari bagaimana bahasa mampu mempengaruhi paradigma, cara berpikir dan perilaku kita sehari-hari.

Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa disadari kita sering melakukan sesuatu yang dapat membuat diri kita menjadi lebih baik atau lebih buruk. Sesuatu yang kita lakukan tersebut sebenarnya bukan karena bagaimana kita menjalin relasi dengan oranglain tetapi bagaimana kita mengolah sesuatu yang berada dalam diri kita sendiri (intrapersonal). Pengolahan tersebut semua berada di pikiran kita sendiri. Apakah pikiran tersebut benar atau kurang benar tentunya akan berdampak kepada munculnya perilaku kita yang dilihat, dirasakan ataupun didengar oleh oranglain.

Berdasarkan hal tersebut, maka dapat memahami pola kerja pikiran berdasarkan NLP akan menjadi sesuatu yang berguna untuk kehidupan kita sendiri sebagai personal ataupun dapat membantu oranglain untuk lebih memahami diri mereka. Oleh karena itu, saya mengatakan NLP merupakan seni dalam kehidupan.

Jakarta, 17 Maret 2018

#NLP #mind #brain #behavior #emotion

50 views

Recent Posts

See All

Meaning & Value

Meaning & Value Saya yakin Anda semua pernah merasakan hal ini, atau minimal mendengar teman berkata "Aduh.... kok hati hati jadi berderbar-debar saat mendengar nama dia disebut ya?" atau mungkin juga

Morphosa

  • morphosa
  • LinkedIn Social Icon
  • c-facebook
  • Twitter Classic